Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih

Resep Kue Bawang Renyah dan Gurih ialah makanan favorit kalau lebaran.. dari kecil.. hihi. Dulu pas jaman kecil suka liat ibu bikin kue ini buat lebaran.. cita rasanya yang gurih dan juga nggak mbosenin.. jadi favorit seluruh dech di rumah. Semenjak suka masak.. saya sering bikin kue bawang ini.. mulai bereksplorasi dengan bermacam resep. Dan juga.. akhirnya tau.. kue bawang yang enak.. ialah yang menggunakan banyak bawang merah di adonannya. Jadi tidak boleh bingung iya.. kalau saya pakai 100 gram bawang merah di resep ini. Cita rasanya.. enak satu kali.. gurih banget... bawang merahnya kan jadi kering dan juga jadi bercak2 kemerahan cuantik di kue bawangnya tersebut. Selain bawang merah yang banyak, jua pakai sledri yang banyak.. hemmm.. jadi harum dech kue bawangnya.

Beda dengan Kue Kacang. Kue bawang yang ku buat ini.. udah pas.. renyah tetapi empuk.. dan juga tetep berasa gigitannya.. kriuk kriuk gitu. Jadi.. suka dech.. dan juga nggak berhenti makan kemaren.. eh Yodha jua suka jua ternyata.. tumben.. umumnya ogah dia kalau nggak pake keju.. enak jua kan Kak... kue bawangnya.. hihi.. nggak tau dia kalau pakai bawang merah banyak2.. umumnya kalau di nasi goreng nemu potongan bawang goreng aja... suka protes.. saya nggak suka bawang mi..! katanya. Kemaren di campur di kue bawang ini.. kok nggak protes.. hihi.


Resep Kali ini Mengenai Kue Lebaran Kue Bawang dengan bentuk khas yang unik nan sederhana, enak dan praktis ini bernama Cara Membuat Kue Lebaran Kue Bawang Enak. Simak juga resep sebelumnya yaitu Resep Kue Monde dan Kue Lapis Pandan Sagu. Berikut Cara Membuat Kue Lebaran Kue Bawang Enak

Cara Membuat Kue Lebaran Kue Bawang Enak

Bahan Kue Bawang Renyah dan Gurih: 
  •  Sediakanlah - 1000 gr tepung kanji/sagu
  •  Sediakanlah - 250 gr tepung terigu
  •  Sediakanlah - 6 batang Seledri, iris halus
  •  Sediakanlah - 50 gr bawang merah, giling halus
  •  Sediakanlah - 100 gr bawang putih, giling halus
  •  Sediakanlah - 2 bungkus masako ayam
  •  Sediakanlah - 3 butir telur, kocok lepas
  •  Sediakanlah - 1 sendok makan garam halus
  •  Sediakanlah - 1 sendok teh penyedap rasa (ajinomoto)
  •  Sediakanlah - 700 ml air
  •  Sediakanlah - 3 sendok makan margarin/mentega
Cara Membuat  Kue Bawang Renyah dan Gurih:
  1. - larutkan terigu dengan air, tambahkan seledri, bawang putih, bawang merah, masako, telur kocok, garam, penyedap rasa, dan margarin, masak pada api sedang hingga adonan mengental.
  2. - pindahkan adonan terigu ke wajan, tambahkan sagu, adon hingga adonan kalis.
  3. - ambil sedikit adonan, bulatkan dengan diameter ± 7 cm.
  4. -giling adonan dengan menggunakan cetakan kue bawang (ampia)dengan ketebalan sesuai selera.
  5. - potong adonan dengan panjang 5 cm.
  6. - giling pada cetakan mie (kwetiau)
  7. - goreng pada minyak panas hingga warna kuning kecoklatan, tiriskan, angkat.
  8. - simpan pada wadah kering dan tertutup rapat (stoples)
Tips  Kue Bawang Renyah dan Gurih: 
  • agar kue bawang bertambah lezatnya, pada adonan dapat ditambahkan 50 gram wijen yang telah disangrai.
Baca Juga : 2 Resep Sayur Bening Paling Enak
 
Staf Resep Masakan mengucapkan selamat berbahagia kepada anda yang telah membaca artikel Cara Membuat Kue Lebaran Kue Bawang Enak, Jika ada luang waktu baca juga Resep Kue Kaktus. Selamat mencoba
Facebook Comments